Minggu, 30 November 2014

Resep Mie Ayam Rumahan

Beberapa hari yang lalu teman saya meminta resep mie ayam. Bingung saya mau bagaimana menjawabnya. Tapi berhubung saya sudah janji akan memposting resep mie ayam, akan saya tepati janji saya. Tapi resep ini untuk rumahan ya. Dalam arti tidak untuk bisnis. Karena untuk lebih simple kita akan menggunakan mie kering. Karena akan sangat merepotkan kalau harus membuat mie basah seperti resep "Mie Ayam Grobag Idjo" milik keluarga saya :) Checkidot gaess :)

Bahan
*Mie kering (disarankan menggunakan mie kering yang sudah ada rasa asinnya, atau bisa      menggunakan mie instan merk apa saja).
*Daging ayam 1/2 kg (bagian dada).

Bumbu ayam yang dihaluskan
*6 siung bawang merah.
*3 siung bawang putih.
*1/2 sdt merica.
*1 sdt ketumbar.
*3 butir kemiri.

Bumbu ayam tambahan
*1 ruas lengkuas.
*Gula merah secukupnya.
*Garam secukupnya.
*Kecap manis secukupnya.

Bahan pelengkap
*Bawang merah goreng.
*Kecap asin (bisa diganti dengan garam halus).
*Kecap manis.
*Saos pedas atau saos tomat.
*Daun bawang.
*Mentimun untuk acar.

Cara memasak
*Rebus mie, tiriskan dan sisihkan.
*Filet ayam, potong dadu. Jika menyukai tulang ayam, tulangnya bisa ikut dimasak.
*Tumis lengkuas sampai harum. Masukkan semua bumbu halus sampai kering.
*Masukkan ayam dan tambahkan air.
*Masukkan garam, gula merah dan kecap manis. Tutup panci tunggu sampai matang.
*Sajikan mie dalam mangkok. Tambahkan daging ayam yang telah matang. Sajikan bersama semua  bahan pelengkap di atasnya.
*Mie ayam ala JN Kitchen siap dihidangkan :)




*Foto diambil dari koleksi pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar