Jumat, 18 Juli 2014

Resep Tongseng Daging Sapi Ala NurRokhmah ;) @JN Kitchen

Di daerah Mungkid Magelang ada tongseng dan sate bakar pak Kurdi yang terkenal. Resepnya selalu saya pakai karena memang mantap. Tapi saya mulai bosan dengan resep tongsengnya karena sudah terus menerus saya gunakan. Sudah saatnya saya bereksperimen dengan resep tongseng ala saya sendiri. Dan jadilah sore ini saya memasak tongseng ala NurRokhmah yang te o pe be ge te. Dengan kepedean yang tinggi saya mengucapkan statement bahwa rasanya seperti tongseng di resto-resto Surabaya Town Square. Yang saya curiga kokinya memasukkan ganja atau kokkain atau mariyuana atau malah obat bius saking enaknya sambel yang mereka buat juga masakan-masakan yang lain :D Inilah resep tongseng sapi ala NurRokhmah. Checkitdot gaesss ;) (y)



Bahan
-250 gram daging sapi, pilih yang sedikit lemak, potong dadu.
-3 lembar daun kol, potong kasar.
-2 buah tomat merah potong dadu.
-2 batang daun bawang, potong halus
-500 ml air.

Bumbu, haluskan
-7 buah cabai merah.
-7 buah cabai super/rawit merah.
-3 siung bawang putih.
-4 siung bawang merah.
-1 ruas jari kelingking jahe.
-3 butir kemiri.
-Minyak untuk menumis.

Bumbu lainnya
-3 lembar daun jeruk.
-1 batang serai, memarkan.
-1 sdm kecap manis.
-Garam secukupnya.
-Gula jawa secukupnya.
-Irisan cabai rawit jika kurang pedas.

Cara memasak
-Rebus daging sapi hingga setengah matang. Tiriskan dan buang kaldunya.
-Panaskan minyak dalam wajan dan masukkan bumbu halus, daun jeruk dan serai. Tumis hingga harum dan berubah warna.
-Masukkan kol, beri air sedikit, tumis hingga setengah matang.
-Masukkan daging sapi, tumis sebentar dan tambahkan air.
-Tambahkan gula, kecap manis dan garam. Tunggu sampai mendidih rata.
-Terakhir tambahkan cabai rawit iris (jika pakai), tomat dan daun bawang. Aduk-aduk dan cicipi rasanya. Matikan api kompor dan angkat tongseng. Tongseng sapi ala NurRokhmah siap dihidangkan :) .

@4 porsi
#Selamat mencoba. Happy cooking gaesss ;)
^_^Regards NurRokhmah @JN Kitchen^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar