Jumat, 12 Desember 2014

Resep Jamur Saus Tiram

Jamur adalah makanan favourite saya. Dulu waktu kecil, saya sering memasak jamur "barat" yang saya dapat dari kebun buah salak milik kakekku. Musim penghujan begini pasti tiap hari ada jamur "barat" di kebun kakekku. Jadi kangen desa -___- Jamur ini diberi nama jamur "barat". Dalam bahasa jawa "barat" berarti angin. Atau logikanya jamur yang tumbuh ketika musim penghujan dan banyak angin. Hhhehehe itu penafsiran saya yang awam :p Malah banyak mitos beredar kalau jamur barat ini tumbuh karena kerasnya suara halilintar. Hhehehe. Silahkan berasumsi :p atau cari di mesin pencari google :)

Jamur ini cukup dibumbui dengan bawang putih dan garam rasanya sudah lezziiiissssss. Apalagi ditambah petai -___- Saya yakin musim penghujan gini nenek saya akan selalu teringat saya jika melihat jamur di kebun :) Berhubung saya tinggal di Surabaya dan tak punya kebun :p maka kemarin saya sengaja membeli jamur kancing di pasar. Tapi bumbunya ndak cukup lezis kalau dimasak seperti jamur barat tadi. Karena jamur barat tidak terkalahkan :) Dan lagi jamur barat is very very alami alias organik tanpa pestisida atau apa pun itu. Yang pasti bukan jamur budidaya seperti jamur kancing dan jamur lainnya yang dijual di pasar :) So, saya memasak jamur kancing ini dengan bumbu saus tiram :) Kalau sulit menemukan jamur kancing, bisa diganti dengan jamur tiram. Oh iya, sampai sekarang belum ada yang membudi daya jamur barat hlo. So, jangan berharap anda mendapatkannya di pasar-pasar. Jamur spesies ini menurutku jamur paling enak di antara spesies jamur lainnya. Jadi pengen pulang kampung -___-

Supaya paham, ini dia jamur barat yang saya maksud.


Kalau ini jamur tiram :)


Dan ini jamur kancing yang kemarin saya masak :)



Resep Jamur Saus Tiram

Bahan
*Jamur kancing 1/4 kg.
*Tomat 2 biji.
*Petai 2 keris.
*Minyak untuk menumis.
*Air 100 cc.

Bumbu
*Bawang merah 3 biji.
*Bawang putih 3 biji.
*Cabai 5 biji.
*Saori saus tiram 1 bks.
*Saos pedas 3 sdm.
*Kecap 1 sdm.
*Garam secukupnya.
*Gula jawa secukupnya.

Cara memasak
*Tumis bawang merah sampai setengah matang. Masukkan bawang putih dan cabai, tumis sampai harum.
*Masukkan tomat, tumis sebentar. Masukkan jamur dan petai. Tumis sebentar, masukkan air.
*Masukkan saori saus tiram, saos pedas, kecap, garam dan gula jawa. Tunggu sampai jamur dan petai matang.
*Jamur saos tiram siap disajikan :)



NB; untuk 2-3 porsi :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar